Pages

Friday, May 18, 2012

Kewajiban Dalam Berkeluarga

Walaupun tdk sedikit kaum lelaki yg kecerdasannya kalah d bandingkan dengan wanita, tetapi secara kodrat lelaki lebih cakap memimpin wanita, karena dalam beberapa hal lelaki memiliki kelebihan,misal:

-sabar

-lapang dada

-bijaksana

sbagai mana firman Allah S.W.T

"KAUM LELAKI ITU ADALAH PEMIMPIN BAGI KAUM WANITA,OLEH KARENA ALLAH S.W.T. TELAH MELEBIHKAN SEBAGIAN MEREKA (laki-laki) ATAS SEBAGIAN YANG LAIN (wanita) DAN KARENA MEREKA (laki-laki) TELAH MENAFKAHKAN SEBAGIAN DARI HARTA MEREKA. SEBAB ITU MAKA WANITA YANG SHALEH, IALAH YANG TA'AT KEPAD ALLAH S.W.T. LAGI MEMELIHARA DIRI KETIKA SUAMINYA TIDAK ADA OLEH KARENA ALLAH TELAH MEMELIHARA (mereka).WANITA-WANITA YANG KAMU
KHAWATIRKAN NUSYUZNYA,MAKA NASIHATILAH MEREKA DAN PISAHKANLAH MEREKA DI TEMPAT TIDUR MEREKA DAN PUKULLAH MEREKA. KEMUDIAN,JIKA MEREKA MENTA'ATIMU MAKA JANGANLAH KAMU MENCARI-CARI JALAN UNTUK MENYUSAHKANNYA. SESUNGGUHNYA ALLAH S.W.T. MAHA TINGGI LAGI MAHA BESAR"

(Q.S.An-Nisa:34)

Pada kaum wanita,emosi lebih tinggi . Cepat tertawa jika mendapat kabar gembira dan cepat menangis jika mendpat kabar sedih .Oleh krena itu ,pantaslah secara kodrat kaum lelaki memimpin ,mengatur dan melindungi wanita .Tanggung jawab terhadap keluarga diwajibkan bagi orang yang telah dewasa / orang yang telah berkeluarga . antara lain :

-KEWAJIBAN MEMBERI NAFKAH LAHIR

Kebutuhan hari-hari manusia meliputi,makanan,tempat tinggal,serta pakaian.

dalam sebuah hadist di katakan bahwa kemampuan (memiliki harta) menjadi persyaratan untuk menikah sebab setelah menikah suami di bebani kewajiban-kewajiban di atas,jika belum mampu jangan dulu menikah,tapi banyak-banyaklah berpuasa.

-KEWAJIBAN MEMBERI PENDIDIKAN

wajib memberikan pendidikan karena itu menyangkut tanggung jawab dan masa depan anak,pendidikan shalat,mengaji,sopan santun,dan sebagainya .menurut psikologi anak pada usia dini sangat mudah menerima pengaruh dari luar.

Rasulullah S.A.W. bersabda:

"SETIAP ANAK DI LAHIRKAN DALAM KEADAAN SUCI,KARENA ORANG TUANYALAH YANG MENJADIKAN ANAK ITU YAHUDI,NASRANI,ATAU MAJUSI"

(H.R.Muslim)

-KEWAJIBAN BERSIKAP HALUS DAN SAYANG

Sebenarnya nafkah batin lebih dibutuhkan keluarga. semenjak dulu islam sudah mengajarkan bagaimana sikap seorang bapak kepada anak,suami kepada istri,atau sebaliknya

Allah S.W.T. berfirman:

"....DAN BERGAULLAH DENGAN MEREKA SECARA PATUT"

(Q.S.An Nisa:19)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.