Pages

Tuesday, April 5, 2011

keutamaan ahlul bait

Telah menceritakan kepada kami Ali bin Mundzir Al Kufi yang berkata telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Fudhail yang berkata telah menceritakan kepada kami Al A'masyi dari Athiyah dari Abu Sa'id dan Al A'masy dari Habib bin Abi Tsabit dari Zaid bin Arqam RA yang keduanya [Abu Sa'id dan Zaid] berkata Rasulullah SAW bersabda "Sesungguhnya Aku tinggalkan kepada kalian sesuatu yang jika kalian berpegang teguh kepadanya niscaya kamu tidak akan tersesat sepeninggalku, yang mana yang satunya lebih besar dari yang lainnya, yaitu Kitab Allah, yang merupakan tali penghubung antara langit dan bumi, dan ItrahKu Ahlul BaitKu. Keduanya tidak akan pernah berpisah sehingga datang menemuiku di telaga Haudh. Maka perhatikanlah bagaimana kamu memperlakukan keduanya" [Sunan Tirmidzi 5/663 no 3788]

Diriwayatkan oleh Thabrani dalam kitabnya al-Kabir, dari Ibnu Abbas, Rasulullah saw bersabda:
'Mereka adalah keturunanku dan diciptakan dari tanahku serta dikaruniai pengertian dan ilmuku. Celakalah dari ummatku yangmendustakan keutamaan mereka, dan memutuskan hubungan denganku melalui (pemutusan hubungan dengan) mereka. Allah tidak akan menurunkan syafa'atku kepada orang-orang seperti itu".

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Thabrani, al-Hakim dari Ibnu Abbas, Rasulullah saw bersabda: "Maka sekiranya seseorang berdiri di antara salah satu sudut Ka'bah dan maqam Ibrahim, lalu ia shalat dan puasa, kemudian meninggal sedangkan ia adalah pembenci keluarga (ahlul bait) Muhammad, pasti ia masuk neraka".

Pertalian dengan rasululloh dan bernasab dengannya itu merupakan salah satu kemuliaan yang besar, nenek moyang dan keturunan Nabi SAW adalah orang2 mulia, karena nasab mereka bertalian dengan nasab beliau. Para ulama sepakat bahwa para HABAIB adalah orang2 paling baik keturunannya dari sisi Ayah(nasab)nya, namun mereka tetap sejajar dengan lainnya dalam bidang2 hukum2 Syariah dan hudud.

Firman Allah : "Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait, dan membersihkan kamu sebersih2nya" (QS.33, al-ahzab :33)

Para ulama menjelaskan : Ungkapan ahlul bait mencakup keluarga rumah tempat tinggal dan keluarga nasab. istri2 beliau adalah keluarga rumah tempat tinggal, sedangkan kerabat2nya adalah keluarga karena pertalian nasab.
"dari abu said al khudry r.a, ia berkata : sesungguhnya ayat ini turun berkaitan dengan nabi SAW, Ali, fatimah, al-Hasan, al-Husain". (HR.Imam Ahmad)

(oleh : HABIB Zainal Abidin bin Ibrahim bin Smith Al-Alawi Al-Husaini)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.